Cara Cek Batre HP Masih Bagus atau Sudah Lemah
By: Date: October 7, 2022 Categories: Uncategorized
Mau Menaikkan Limit Kredivo? Ini Caranya! - Kredivo

Batre handphone punya peran penting dalam memastikan pemakaian handphone bisa tetap digunakan seharian penuh. Lalu pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana caranya cek batre hp masih bagus atau sudah harus diganti.

Sekalipun sudah ada layanan credit hp tanpa dp, ada baiknya batre hp diperiksa terlebih dahulu. Penggantian batre hp juga saat ini bisa dilakukan di konter resmi maupun di konter-konter biasa. Perbedaan hanya pada kualitas batre yang digunakan saja apakah ingin memilih barang ori atau barang kw dengan harga yang lebih terjangkau.

Seperti kita tahu, semakin lama pemakaian semakin menurun daya pengisian baterai. Kondisi baterai lambat laun memang akan mengalami penurunan kualitas. Hal tersebut merupakan hal yang sangat wajar terjadi. Namun, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan supaya kondisi baterai tidak cepat drop dengan cara memastikan penggunaanya yang baik serta selalu memeriksa kondisi kesehatan baterai dengan beberapa langkah berikut ini;   

Cara Cek Kesehatan Baterai di Android

Langkah untuk cek kesehatan baterai di ponsel Android bisa dilakukan dengan memilih menu Setting > Battery > Battery Usage.

Jika ingin mendapatkan analisa yang lebih detail lagi, kamu bisa mengunduh aplikasi yang direkomendasikan contohnya seperti aplikasi AccuBattery. Aplikasi tersebut bisa menganalisa penggunaan smartphone dan mampu memberikan laporan performa baterai dengan deskripsi yang mudah dimengerti.

Di dalam menu Battery Health terdapat yang menunjukkan kapasitas baterai vs kapasitas desain. Sehingga bisa diketahui apakah daya baterai sudah mengalami penurunan atau belum. Baterai yang baik umumnya masih bisa memiliki kapasitas di atas 80%. Jika sudah dibawah angka tersebut umumnya baterai akan cepat drop dan kurang bekerja secara maksimal.

Bagi para pengguna iOS, sangat mudah untuk mengetahui battery health karena sudah ada opsi fitur bawaan tersendiri sehingga tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga lainnya. Biasanya untuk laptop pun terdapat aplikasi untuk memeriksa kesehatan baterai seperti battery count hingga battery health. 

Cara Cek Penggunaan Baterai

Lewat aplikasi yang sama, kamu juga bisa mendapatkan grafik tentang penggunaan baterai dan aplikasi apa saja yang paling banyak menyedot daya baterainya. Kadang-kadang masih ada aplikasi yang bekerja di balik layar sehingga itulah yang menyebabkan kondisi baterai cepat habis.

Kondisi lain yang membuat baterai cepat drop adalah karena overcharging, sehingga daya yang masuk melebihi kapasitas yang ada. Sayangnya tidak semua handphone bisa memutus arus ketika baterai sudah penuh. Oleh sebab itu, segera cabut charging jika baterai sudah mencapai 100% saat di charging.

Beli Handphone dengan Kapasitas Baterai Besar 

Jika kamu memang cukup banyak menggunakan handphone dalam keseharian, artinya kamu memerlukan handphone dengan kapasitas baterai yang besar. Paling tidak minimal baterai yang bisa awet dan kuat dipakai seharian yang memiliki kapasitas hingga 5.000 mAh. 

Namun memang, handphone-handphone dengan baterai besar rata-rata berasal dari middle entry smartphone. Sebut saja seperti Samsung Galaxy M62 yang memberikan kapasitas baterai hingga 7.000 mAh. Jika dipakai hanya untuk sosmed saja, kemungkinan baterai malah bisa awet sampai dengan dua hari. 

Selain Samsung, deretan handphone dengan baterai besar seperti Asus ROG 5 dengan 6.000 mAh, Realmi Narzo 50A dengan 6.000 mAh hingga Xiaomi Redmi 9T dengan kapasitas baterai 6.000 mAh. Dari beberapa ponsel yang disebutkan, hanya Redmi 9T yang harganya paling terjangkau hingga kurang dari Rp2 jutaan saja. 

Handphone lainnya masih di rentang harga di tas Rp3 jutaan bahkan Rp5 jutaan. Dengan harga segitu, tentu akan lebih mudah jika kamu memanfaatkan layanan credit hp tanpa dp dari Kredivo. Tidak perlu ada survey apalagi jaminan untuk mengajukan kredit hp lewat Kredivo. 

Syarat utama menjadi member Kredivo, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pontianak. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Bunga cicilan hanya 2,6% saja per bulan dengan pilihan tenor 6 dan 12 bulan. Sementara jika ingin lebih singkat, bisa pilih tenor 3 bulan tanpa perlu bayar bunga. Cukup bayar biaya adminnya saja 3% dari harga handphone. 

Transaksinya bisa online di berbagai marketplace tepercaya hingga toko offline seperti Erafone dan Electronic City. Tinggal tunjukkan barcode atau scan barcode di cabang-cabang terdekat di kota kamu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *