11 Cara Menghilangkan Milia di Wajah Lebih Cepat
By: Date: September 19, 2022 Categories: Uncategorized
12 Cara Menghilangkan Milia dengan Mudah dan Aman | Realfood

Ada benjolan-benjolan kecil di wajah? Itulah yang dinamakan milia yang muncul akibat skincare yang tidak cocok. Cara menghilangkan milia di wajah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah, karena dibiarkan saja pun bisa hilang.

Namun, jika ingin menghilangkannya lebih cepat, simak caranya berikut!

  • Jangan Dipencet

Jika muncul milia di wajah, maka rasanya akan gatal. Tidak sedikit yang berpikir jika milia dipencet akan cepat hilang. Padahal hal itu malah akan meninggalkan bekas, bahkan bisa memicu terjadinya radang.

Karena itu, hindarilah memencetnya dengan asal. Anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan menghilangkan milia tersebut dengan lebih higienis.

  • Jangan Gunakan Lemon

Banyak artikel yang menyebutkan bahwa milia bisa dieksfoliasi dengan ekstrak lemon. Padahal perlakuan ini malah justru akan membuat kulit mengalami iritasi. Kulit wajah malah akan mengalami kemerahan, semakin gatal, dan efek yang paling parah mengalami pengelupasan.

  • Jangan Gunakan Pasta Gigi

Penggunaan pasta gigi ini bisa dikatakan mitos saja. Sebaliknya, penggunaan pasta gigi malah akan akan menyebabkan iritasi pada kulit. Terutama pasta gigi yang mengandung menthol atau triclosan.

  • Penggunaan Steam Wajah Secara Tepat

Cara menghilangkan milia di wajah bisa efektif dengan penguapan atau steam. Hanya saja perlu diperhatikan, cara ini harus dilakukan secara tepat, yaitu menggunakan suhu yang hangat.

Jika Anda menggunakan suhu yang terlalu tinggi, maka pori-pori akan terbuka lebar, dan berpotensi terjadi iritasi. Untuk menjaga kelembaban kulit, gunakan pelembab setelah melakukan steam wajah ini.

  • Jangan Gunakan Scrubbing dari Garam atau Gula

Penggunaan scrub dianggap mampu mengangkat sel kulit mati dan membersihkan wajah. Namun, penggunaan scrub dari garam dan gula sangat tidak efektif. Karena partikel tersebut terlalu besar, dan bahkan berisiko terjadi micro tears.

Mungkin Anda mencoba untuk mencari scrub dengan partikel yang lebih kecil. Hal ini pun juga berisiko terjadi iritasi pada wajah yang terkena milia.

  • Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara terbaik untuk membersihkan wajah adalah dengan membersihkannya secara rutin. Namun pembersih wajah yang digunakan harus sesuai dengan jenis kulit Anda.

Pembersihan wajah ini akan mengikis lapisan kulit paling atas. Setelah itu, milia akan lebih mudah hilang dengan cara yang alami.

  • Bersihkan dengan Pembersih Khusus

Anda bisa menghilangkan milia dengan pembersih khusus area mata. Selain pembersih wajah biasa, Anda juga membutuhkan pembersih khusus yang lebih lembut. Sehingga akan lebih efektif dalam menghilangkan milia di wajah.

  • Gunakan Produk Eksfoliasi yang Tepat

Produk eksfoliasi yang tepat untuk menghilangkan milia adalah skincare yang mengandung BHA dan salicylic acid. Zat-zat tersebut akan bekerja di bawah lapisan kulit.

Selain itu, bahan-bahan ini juga larut dalam minyak, sehingga akan lebih mudah menghilangkan kotoran dalam milia.

  • Gunakan Produk yang Mengandung Retinol

Produk yang mengandung retinol akan bekerja dalam proses pertumbuhan sel-sel baru. Sel-sel baru tersebut akan memperbaiki kulit, sehingga kulit menjadi lebih normal.

  • Gunakan Eye Cream yang Ringan

Penggunaan eye cream bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghilangkan milia. Hanya saja, jangan salah dalam memilih krim mata ini. Pilihlah krim yang ringan, sehingga akan lebih efektif dalam memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.

  • Selalu Gunakan Sunscreen

Penggunaan sunscreen ini akan memberikan perlindungan terhadap kulit wajah. Terutama dari radiasi sinar UV yang bisa menyebabkan flek hitam, dan juga menjadi salah satu penyebab timbulnya milia.

Pilih sunscreen yang ringan, dengan tekstur gel. Sehingga kandungan nutrisi dari sunscreen ini akan lebih mudah meresap dalam kulit.

Itulah cara menghilangkan milia di wajah lebih cepat. Meski milia dapat hilang sendiri, Anda perlu menghindari cara yang salah, agar tidak terjadi iritasi, dan membuatnya semakin parah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *