Samsat Online Jawa Barat
By: Date: July 4, 2022 Categories: Uncategorized
Anti Ribet, Begini Cara Bayar Pajak Kendaraan Via Aplikasi Blibli!

Banyak orang kesulitan mencari waktu untuk memproses pembayaran pajak dan dokumen kendaraan bermotor. Selain itu, kantor pelayanan Samsat hanya buka setengah hari  pada hari Sabtu dan tutup pada hari Minggu.

Kini, tidak perlu khawatir dengan kondisi tersebut, kini wajib pajak atau masyarakat dapat tetap membayar STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) pada hari Sabtu dan Minggu menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional (SIM). Atau Anda juga bisa menggunakan samsat online Jawa Barat untu kemudahan semuanya.

Sebagai catatan, saat ini pengujian permintaan Signal sudah berlangsung sejak 21 Juni 2021. Memang Signal merupakan bagian dari program 100 hari Menpolri dan akan diluncurkan pada 28 Juni 2021. Namun, karena pandemi COVID-19, rencana itu ditunda.

Untuk menikmati layanan Samsat Digital Nasional, Anda dapat mengunduh aplikasi Signal dari Google Play Store sebagai Samsat Digital Nasional. Setelah diunduh, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan Signals. Ada beberapa langkah verifikasi, antara lain:

  • Verifikasi wajah dengan NIK EKTP. Verifikasi wajah dimaksudkan untuk menggantikan persyaratan tanda pengenal untuk layanan konvensional, yang merupakan bentuk pemantauan oleh warga untuk memastikan kendaraan tidak berpindah tangan.
  • Verifikasi email. Alamat email diperlukan untuk menyelesaikan database dan  membangun komunikasi dua arah. Tujuannya adalah untuk memverifikasi dan  mendukung aplikasi ETLE.
  • Verifikasi nomor ponsel Anda dengan OTP (satu kali kata sandi). OTP adalah kata sandi satu kali untuk masuk ke aplikasi Signal. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa  orang yang mengaksesnya tertarik.
  • Langkah selanjutnya adalah menambah daftar kendaraan yang dikenakan pajak tahunan.

Kendaraan Milik Sendiri Masukkan Data

  • NRKB (nomor kontrak) dan
  • 5 digit nomor seri terakhir

Kendaraan dalam satu keluarga (KK) masukkan data

  • NIK EKTP milik satu keluarga
  • NRKB dan
  • 5 Digit Nomor terakhir

Setelah data benar, Anda dapat memverifikasi STNK tahunan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih kendaraan yang telah berhasil ditambahkan sebelumnya.
  2. Sistem akan menampilkan besaran pajak kendaraan bermotor dengan SWDKLLJ
  3. Pilih opsi pengiriman atau tidak
  4. Dapatkan kode pembayaran
  5. Bayar berdasarkan kode pembayaran pada saluran penerima mitra  yang telah bekerja sama
  6. Dapatkan bukti pembayaran dari mitra penerima
  7. Dapatkan bukti kuasa elektronik, ETBPKP, dan EKD dalam permintaan Sinyal
  8. Dapatkan TBPKP fisik jika Anda memilih opsi terkirim.

Inilah seputar kemudahan bayar pajak secara online dan Anda juga dengan mudah melakukan ini semua lewat samsat online Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *