Tips dan Trik Gunakan Paylater Belanja di Ecommerce
By: Date: June 14, 2022 Categories: Uncategorized

Kemudahan belanja di ecommerce kini didukung dengan berbagai layanan pembayaran mulai dari bank transfer, kartu kredit, kartu debit hingga penggunaan yang saat ini cukup tren yaitu paylater. Seiring dengan perkembangan tersebut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berbelanja dengan menggunakan paylater.

Untungnya kemudahan pembayaran paylater ini hampir seragam bisa digunakan di beberapa ecommerce maupun marketplace yang tepercaya seperti Tokopedia, Blibli, Bukalapak, Shopee, hingga JD.ID. Perlu diketahui, misalnya paylater JD.ID adalah metode pembelian yang memungkinkan konsumen membayarnya di kemudian hari.

Supaya paylater bisa dimaksimalkan penggunaannya, berikut ini adalah beberapa tips dan trik menggunakan paylater untuk belanja di ecommerce. 

Ketahui syarat dan ketentuan belanja pakai paylater

Ketahui syarat dan ketentuan pembayaran dengan menggunakan paylater. Umumnya paylater mensyaratkan minimal transaksi jika ingin dicicil dengan tenor yang lebih panjang. Tetapi, ada juga paylater yang tidak mensyaratkan ketentuan tersebut sehingga kita bisa belanja tanpa minimal transaksi.

Tapi, tetap saja perlu dipelajari apa saja biaya yang ditimbulkan karena menggunakan paylater. Misalnya seperti biaya layanan, biaya admin, hingga bunga pembayarannya. Syarat dan ketentuan ini wajib kita ketahui agar memahami beban yang harus dibayarkan meskipun pembayaran paylater memudahkan serta lebih fleksibel.

Batasi penggunaan sesuai bujet anggaran

Dengan adanya paylater bukan berarti kita bisa belanja secara serampangan. Perlu ada batasan juga dalam menggunakan paylater meskipun limitnya mungkin lebih besar daripada anggaran belanja yang kita miliki.

Jadi, perlu dipahami juga bahwa paylater bisa menjadi dua mata pisau yang juga bisa memotong penggunanya sendiri. Maka, agar lebih bijak, batasi penggunaan paylater sesuai dengan bujet anggaran yang sudah direncanakan di awal bulan.

Gunakan untuk mendapatkan promo atau cashback

Lazimnya orang menggunakan paylater karena ada promo atau cashback. Nah, potongan diskon seperti itulah yang tidak bisa disia-siakan. Sehingga kamu bisa mendapatkan barang yang dibutuhkan dengan harga yang lebih ringan. Walhasil pengeluaran kamu bisa jadi lebih hemat. Inilah seharusnya esensi yang dipelajari ketika menggunakan kemudahan digital berupa pembayaran menggunakan paylater.

Cek dulu apakah ada biaya admin tersembunyi

Tentu saja tidak semua ketentuan paylater seragam antara satu dengan yang lainnya. Oleh karena itu, ada baiknya kamu memahami dulu produk knowledge tentang paylater yang hendak digunakan. Namun demikian, pada umumnya perusahaan penyedia paylater akan menginformasikan biaya admin yang harus dibayarkan hingga bunga pokok yang akan menyertai setiap penggunaannya.

Contoh sederhana seperti Gopaylater yang memberikan limit paylater hingga Rp750 ribu perbulan. Setiap penggunaan Gopaylater akan dibebankan biaya layanan sebesar Rp25 ribu flat per bulan. Nah, biaya seperti itu sudah harus kita ketahui di awal sebelum menggunakan layanan paylaternya.

Pilih paylater yang sudah tepercaya

Supaya lebih aman pilih paylater yang bukan kaleng-kaleng dan bisa diterima di berbagai ecommerce maupun marketplace. Sehingga kamu cukup hanya punya satu paylater saja. Salah satu yang direkomendasikan adalah Kredivo. Selain memberikan limit hingga Rp30 juta bagi member premium, produk dan layanannya pun sangat beragam. Apalagi kini bisa digunakan untuk transaksi tidak hanya online tetapi juga offline. 

Syarat utama menjadi member Kredivo, berstatus Warga Negara Indonesia (WNI), berusia antara 18 sampai 60 tahun, berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, Kediri, Tasikmalaya, Tegal, Bandar Lampung, Banjarmasin dan Pontianak. Serta memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000 per bulan.

Jika sudah memiliki akun Kredivo, bisa kamu gunakan di berbagai ecommerce dan marketplace ternama seperti Tokopedia, Blibli, JD.ID dan merchant lainnya. Kamu hanya tinggal checkout saja saat selesai memasukkan semua belanjaan di dalam keranjang. Minimal belanjaan Rp500 ribu sudah bisa dicicil sampai dengan 3 bulan tanpa bunga. Cukup bayar adminnya saja sebesar 3%. Jadi, adminnya hanya Rp15.000 saja dengan cicilan 500ribu/3 bulan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *