Trik Simple Membuat Film Pendek Bagi Pemula
By: Date: May 25, 2022 Categories: Uncategorized
Bali United Studio | Jakarta's newest and largest independent studio for  your production needs. Open to all clients. Best quality, affordable  pricing.

Di era yang serba digital seperti sekarang, kini harga sewa studio film di Jakarta sudah semakin terjangkau. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ada banyak sekali pelaku bisnis di kota Jakarta yang menggeluti bidang studio syuting dan fotograpi.

Berbicara syuting, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini aka membahas seputar trik simple membuat film pendek bagi para pemula. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Mengusung Tema Kehidupan Sehari-hari

Hal pertama yang harus diperhatikan para pemula sebelum membuat film pendek, yakni mengusung tema kehidupan sehari-hari. Mengapa demikian? Pasalnya, tema kehidupan sehari-hari menyuguhkan alur cerita yang ringan sehingga mudah dipahami oleh para penontonnya.

Misalnya film yang kamu buat itu mengisahkan seorang pekerja, mulai dari kegiatan bangun tidur, sarapan, mandi, pergi kerja, hingga pulang kerja. Disamping itu, kamu juga jangan lupa untuk menentukan siapa saja orang-orang yang akan berperan dalam film tersebut.

Guna menghemat biaya operasional, sebaiknya kamu libatkan orang-orang terdekat seperti keluarga, kerabat, dan sahabat. Atau, kamu juga bisa melibatkan sang pujaan hati untuk berperan pada film pendek yang dibuat.

2. Membuat Storyboard

Jika kamu sudah mendapatkan naskah yang sesuai, silahkan buat Storyboard yang berbentuk panel-panel dari setiap adegan. Sebagai contoh, yakni berupa bird’s eye view yang digunakan untuk pengambilan gambar saat kamu sedang bangun tidur, lalu close up untuk menunjukkan jam di ponsel, hingga medium shot yang berfungsi untuk memperlihatkan kamu sedang mengerjakan sebuah objek.

Pada umumnya Storyboard berbentuk buku seperti komik yang bermanfaat untuk menentukan shot, urutan adegan, hingga durasi film. Dengan kata lain, keberadaan Storyboard ini dapat memudahkanmu dalam proses pembuatan film pendek.

3. Carilah Lokasi Syuting yang Tepat

Apabila adegan filmnya banyak di lakukan di area indoor (dalam ruangan), sebaiknya kamu menyewa studio untuk menunjang kebutuhan syuting.

Ngomong-ngomong soal studio syuting, ada salah satu studio bagus di kawasan Jakarta Barat yang paling recommended. Ya, studio yang dimaksud adalah Bali United Studio. Disana tersedia dua tipe ruang studio berbeda, yakni studio 1 dan studio 2.

Studio 1 sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas  mumpuni dan cukup lengkap, mulai dari air conditioner (AC) , make up room, catwalk, ridging, private toilet, gudang, VIP room, lounge area, changing room, monitoring room, canteen area, mushola, hingga limbo berukuran  5.1 x 11.8 m. Sedangkan fasiltas lainnya berupa studio 2 yang mempunyai ukuran luas sekitar 13 x 24 m.

Lokasinya berada di pusat kota sehingga mudah dijumpai dan mudah dilalui oleh moda transportasi umum. Bahkan, Bali United studio juga telah menyediakan fasilitas berupa penyewaan studio yang bisa mendukung semua kebutuhan, mulai dari kegiatan fotograpi, shooting, pre wedding, dan masih banyak lagi.

Apabila berminat, lokasi Bali United studio bisa kamu temui di di Jl. Duri Utama Raya no. 43 RT. 011 RW. 007 Duri Kepa, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

5. Pastikan Peralatan Sudah Lengkap

Ini dia salah satu poin yang menjadi penentu terhadap kelancaran proses pembuatan film pendek. Adapun peralatan yang harus dipersiapka oleh para pemula diantaranya berupa kamera DSLR (handycam juga boleh), baterai, pengisi daya, tripod, dan mikrofon.

Jangan lupa juga menyediakan sebuah laptop untuk mem-backup data.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *