Kandungan Nutrisi Pepaya dan Khasiatnya untuk Tubuhmu
By: Date: August 30, 2021 Categories: Informasi,Kesehatan

Pepaya adalah buah tropis yang sangat sehat dan mudah dijumpai di Indonesia. Buahnya yang manis dan banyak air mengandung antioksidan yang mampu melawan penyakit dan mengurangi peradangan

Buah yang berasal dari Amerika Selatan ini mengandung antioksidan karotenoid yang disebut likopen. Pepaya bersifat menyerap antioksidan dan lebih baik dari buah dan sayuran lainnya.

Nutrisi Pepaya

Antioksidan, termasuk karotenoid yang ditemukan dalam pepaya, dapat menetralisir radikal bebas. Satu buah pepaya kecilĀ  berbobot 152 gram setidaknya mengandung:

Kalori: 59

Karbohidrat: 15 gram

Serat: 3 gram

Protein: 1 gram

Vitamin C: 157% dari RDI

Vitamin A: 33% dari RDI

Folat (vitamin B9): 14% dari RDI

Kalium: 11% dari RDI

Kalsium, magnesium dan vitamin B1, B3, B5, E dan K.

Berikut 5 manfaat pepaya bagi tubuh:

  1. Melawan Kanker

Likopen pada pepaya dapat mengurangi risiko kanker dan bermanfaat bagi para pengidap kanker untuk memperlambat perkembangan sel. Pepaya dapat mengurangi radikal bebas yang berkontribusi terhadap kanker.

Selain itu, di antara 14 buah dan sayuran yang memiliki antioksidan, hanya pepaya yang menunjukkan aktivitas antikanker pada sel kanker payudara.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa menambahkan pepaya ke dalam menu makan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Selain mencegah kanker, likopen pada pepaya ditambah kandungan vitamin C di dalamnya membantu mencegah penyakit jantung. Antioksidan dalam pepaya dapat melindungi jantung dan meningkatkan efek perlindungan kolesterol baik.

  1. Antiinflamasi

Enzim papain dan chymopapain pada pepaya mampu mengurangi peradangan di tubuh. Kandungan karotenoid yang tinggi pada pepaya dapat mengurangi peradangan. Bahkan pepaya efektif membunuh bakteri jahat dan cacing pada usus yang membantu tubuh terhindar dari infeksi dan komplikasi lainnya.

4. Menyehatkan Pencernaan

Kehadiran folat, vitamin E dan vitamin C di dalam pepaya membantu melancarkan pencernaan dan gangguan sembelit. Selain itu, tingginya serat pada pepaya membantu meningkatkan pergerakan usus sehingga dapat melancarkan proses buang air besar. Studi menyebutkan bahwa orang yang mengonsumsi pepaya dan olahannya selama 40 hari akan terhindar dari sembelit dan gangguan kembung.

5. Merawat Kesehatan Kulit

Selain menjaga kesehatan tubuh, pepaya juga dapat membantu kulit terlihat lebih kencang dan awet muda. Hal ini disebabkan vitamin C dan likopen pada pepaya melindungi kulit dari aktivitas radikal bebas yang membuat kerutan dan kerusakan kulit, termasuk penuaan dini. Antioksidan kuat dalam pepaya juga dapat membantu kulit pulih dari kerusakan akibat sinar matahari.

Jika ingin memilih pepaya yang matang dan manis, pastikan pepaya memiliki tekstur yang empuk saat ditekan dengan ujung jari. Selain itu, semakin pekat warna kuning pada pepaya, rasanya akan semakin manis.

Anda bisa mendapatkan pepaya yang memiliki tingkat kematangan baik di TaniHub. Platform e-Commerce ini menyediakan berbagai pilihan sayur dan buah yang baik untuk menu sehat setiap hari.

Ayo belanja di  aplikasi Tanihub melalui AppStore dan Play Store serta raih promo setiap minggunya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *