Info Seputar Artikel Menggigil Bisa Anda Dapatkan di SehatQ.com
By: Date: March 26, 2021 Categories: Kesehatan
Penyebab badan menggigil

Menggigil merupakan kondisi dimana tubuh gemetaran karena serangan rasa dingin. Umumnya, menggigil disertai dengan penyakit demam. Hal ini sendiri terjadi saat tubuh mengalami perubahan cepat antara kontraksi dan relaksasi otot. Kontraksi otot ini merupakan cara alami tubuh untuk menghangatkan badan.

Ada beberapa kemungkinan penyebabnya selain demam, antara lain kedinginan, efek samping obat, hipotiroid, hipoglikemia, kurang gizi, infeksi, efek samping olahraga yang terlalu intensif, berada di tempat dingin, anemia. Beberapa alasan menggigil ini juga bisa ditemukan karena alasan berikut:

  1. Kedinginan

Orang bisa saja kedinginan saat berada di tempat yang sangat memiliki suhu rendah. Kondisi ini bisa semakin parah apabila pakaian yang digunakan basah atau lembab. Seiring bertambahnya usia, orang akan jadi semakin sulit mengatur suhu tubuhnya sendiri, bahkan pada orang yang sedang dalam kondisi kesehatan prima.

Penderita penyakit diabetes dan penyakit jantung juga lebih sensitif terhadap suhu terutama dingin, sehingga sangat mudah menggigil. Anda perlu waspada apabila kedinginan disertai penurunan suhu tubuh padahal Anda tidak mengalami demam. Hal ini bisa saja merupakan tanda bahwa Anda mengalami gejala hipotermia.

Jika dibiarkan terlalu lama, penderita hipotermia bisa lemas, pingsan, bahkan yang lebih parah sampai meninggal dunia.

  1. Efek Samping Obat

Ini juga bisa jadi efek samping obat tertentu, minum kombinasi obat tertentu yang tidak dalam takaran yang benar, dan salah dosis pada obat. Tidak cuma obat medis, efek sejenis juga bisa saja muncul dari penggunaan sejumlah suplemen dan obat herbal yang tidak cocok. Pastikanlah Anda selalu membaca informasi mengenai potensi efek samping dari setiap obat dan suplemen yang Anda konsumsi.

  1. Hipotiroid

Kelenjar tiroid kurang aktif atau hipotiroid adalah kondisi saat kelenjar tiroid sudah tidak mampu menghasilkan hormon pengatur metabolisme dalam tubuh dengan jumlah yang cukup.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh lebih sensitif terhadap hawa dingin dan badan akan lebih mudah bergetar kedinginan tanpa demam.

Selain kerap kedinginan, gejala hipotiroid lainnya yaitu:

  • Wajah membengkak
  • Berat badan naik tanpa sebab
  • Kulit, kuku, dan rambut jadi kering
  • Otot lemah, nyeri, dan jadi kaku
  • Kerap sedih
  • Daya ingat mulai bermasalah
  • Sering terkena sembelit
  1. Hipoglikemia

Hipoglikemia terjadi saat kadar gula darah dalam tubuh Anda turun di bawah normal. Kondisi ini jamak dialami oleh penderita diabetes.

Salah satu gejala hipoglikemia yang biasanya terjadi yaitu badan gemetaran tanpa demam. Selain itu, gejala lainnya seperti:

  • Banyak berkeringat
  • Mudah terkena emosi
  • Jantung berdetak cepat
  • Area mulut terasa kesemutan
  • Bingung
  • Kejang
  • Pandangan jadi kabur
  1. Infeksi

Tanda infeksi salah satunya adalah bergetar disertai demam. Namun, ada juga beberapa infeksi yang menyebabkan penderitanya kedinginan tanpa demam yang berbarengan.

Bergetar kedinginan tersebut biasanya terjadi selama beberapa saat. Selang beberapa waktu kemudian, gejala demam baru akan muncul.

  1. Efek Samping Olahraga Intensif atau Berada di Tempat Dingin

Jika Anda melakukan olahraga intensif dalam cuaca dingin, maka bukannya tidak mungkin setelah itu Anda tidak akan bergetar kedinginan. Hal ini terjadi sebab bagian dalam tubuh menghasilkan panas ketika berolahraga, sedangkan tubuh bagian luar terpapar oleh hawa dingin.

Ketika olahraga di tempat dingin, Anda tidak akan langsung menggigil karena badan terus bergerak. Panas yang dihasilkan tubuh ini dapat menghangatkan tubuh Anda sendiri. Selain itu, olahraga intensif pun dapat mengganggu kemampuan tubuh dalam mengontrol suhu dalam tubuh. Dengan begitu, Anda akan jadi lebih rentan kedinginan setelah aktivitas fisik intens.

  1. Anemia

Anemia terjadi saat tubuh kekurangan zat besi di dalam darah. Tanda anemia contohnya adalah badan mudah kedinginan sampai bergetar padahal tidak demam, tapi tubuh lemas, dan pucat.

Dokter dapat mengidentifikasi penyebab pastinya dan menyarankan cara mengatasi menggigil paling tepat untuk Anda. Contohnya Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi chat dokter yang disediakan situs SehatQ.com untuk mendapat info lebih lanjut. Jadi, itulah beberapa daftar penyakit yang bisa diakibatkan oleh bergetar kedinginan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *