Format, Komponen, dan Contoh Slip Gaji Karyawan
By: Date: December 22, 2020 Categories: Informasi
Survei: Gaji Karyawan Bakal Naik di 2021

Akhir bulan menjadi hari yang ditunggu-tunggu oleh seorang pegawai. Karena mereka akan mendapatkan gaji setelah sebulan penuh bekerja di suatu perusahaan. Berbeda dengan jaman dulu yang gajiannya langsung diberikan kepada karyawan bersangkutan, namun kini pemberian uang gaji dilakukan melalui transferan pada rekening karyawan yang bersangkutan.

Lalu pemberian uang gaji lewat transferan ini akan dikonfirmasikan oleh perusahaan kepada karyawan berupa slip gaji. Nah, dalam tulisan kali ini akan membahas tentang format slip gaji, komponen slip gaji, dan contoh slip gaji karyawan sebagai berikut.

Format Slip Gaji

Dalam hal ini, format slip gaji karyawan bisa berbeda untuk tiap perusahaan sangat tergantung dari komponen-komponen yang ingin dimasukkan. Perlu diketahui bahwa format slip gaji karyawan ini terdiri bagian yang meliputi :

  • Nama Perusahaan

Nama perusahaan ini merupakan komponen utama yang sangat berguna untuk memastikan jika perusahaan yang membuat slip karyawan tersebut.

  • Menyatakan Kerahasiaan Dokumen

Lalu dibawah nama perusahaan ada penjelasan yang menegaskan kerahasiaan slip gaji tersebut. Kerahasiaan tersebut bisa berupa kalimat “Private and Confidential”. Ini artinya bahwa slip gaji tersebut merupakan dokumen rahasia yang mana karyawan yang namanya tertera di dalamnya saja yang boleh mengetahuinya.

  • Tanggal Pembayaran dan Data Karyawan

Format slip gaji karyawan selanjutnya adalah tanggal pembayaran, penjelasan sub departemen dan data karyawan. Adapun data karyawan ini bisa berupa nama karyawan, nomor pegawai serta Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

  • Besarnya Gaji dan Jumlah Potongan

Setelah tanggal pembayaran dan data karyawan, komponen selanjutnya dari format slip gaji karyawan adalah jumlah gaji dan potongan yang didapatkan oleh setiap karyawan. Gaji ini meliputi gaji pokok, tunjangan serta intensif lainnya. Sedangkan potongan gaji meliputi saving plan karyawan, premi kesehatan BPJS, utang karyawan ke perusahaan serta iuran keanggotaan karyawan.

  • Keterangan Lengkap Pembayaran

Komponen terakhir yang ada pada slip gaji adalah keterangan lengkap mengenai pembayaran gaji. Yang mana hal ini berisi penghasilan tahun berjalan sebelum dikurangi pajak, penghasilan tahun berjalan setelah dikurangi pajak, pajak bulan berjalan, total uang yang diperoleh karyawan tersebut serta nama bank sebagai institusi pembayar.

Komponen Slip Gaji

Banyak perusahaan yang mencantumkan komponen gaji di dalam slip gaji karyawannya. Pada dasarnya, komponen gaji ini meliputi gaji pokok dan tunjagan tetap. Besaran gaji pokok ini sedikitnya 75% dari jumlah gaji pokok serta tunjangan tetap. Hal ini tercantum dalam UU No. 13 tahun 2003.

  • Gaji Pokok

Gaji pokok ini merupakan gaji dasar yang ditentukan bergantung dari jabatan atau pekerjaan tertentu. Perusahaan mematok gaji pokok mengikuti jabatan atau jenjang karir. Hal ini mencerminkan kualifikasi serta kompetensi dari karyawan yang mengembannya.

  • Tunjangan

Tunjangan ini bisa dibilang sebagai pelengkap dari gaji pokok. Adapun fungsi dari tunjangan ini bisa bersifat sosial atau intensif. Dalam hal ini, ada beberapa tunjangan yang harus diketahui diantaranya adalah tunjangan jabatan, tunjangan transportasi, dan tunjangan makan. Selain itu, ada juga pembagian tunjangan tetap dan tunjangan tidak tetap.

  • Potongan

Potongan ini bisa diambil untuk hal-hal yang terkait dengan karyawan, seperti potongan pinjaman, potongan pajak penghasilan, premi asuransi BPJS, premi hari tua serta iuran keanggotan BPJS.

  • Lembur

Lembur ini merupakan waktu tambahan kerja yang melebihi 7 sehari dan 40 jam seminggu (Menakertrans No.102/MEN/VI/2004). Jika ada karyawan yang kerja lembur maka sudah sepatutnya akan memperoleh uang tambahan tersendiri diluar gaji pokok.

  • Komisi/Bonus

Biasanya bonus atau komisi ini dimasukkan dalam kategori pendapatan tidak tetap dalam slip gaji. Bonus ini juga biasanya ditentukan oleh produktifitas kerja karyawan tersebut.

Contoh Slip Gaji Karyawan

Nama Perusahaan

Alamat Perusahaan

SLIP GAJI KARYAWAN

    (Periode Slip Gaji)

NIK :

Nama :

Jabatan :

Status :

Penghasilan                                                                          Potongan

Gaji Pokok                          =                                                                PPh                     =

Tj Jabatan                            =                                                           Asuransi                 =

Tj Konsumsi                        =                 

Tj harian                               =

Bonus Target                     =

                                Total(A)                                                                                Total(B)                    Rp0

PENERIMAAN BERSIH(A.B)           =                                                             Rp0

Terbilang  =

Tanggal

Manajer HRD

Nama Manajer HRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *