Gelaran Piala AFF 2020 Resmi Ditunda Ke Tahun 2021
By: Date: October 17, 2020 Categories: Olahraga
PSSI: Piala AFF 2020 Batal Diselenggarakan

Secara resmi Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) menunda gelaran Piala AFF 2020 ke tahun 2021, lantaran pandemi virus corona. Hal tersebut diketahui setelah diumumkannya kepastian tentang Piala AFF 2020 pada hari Kamis (30 September). 

Menurut Baca berita, diambilnya keputusan untuk menunda Piala AFF 2020 karena alasan kesehatan serta keamanan pemain, pelatih, hingga fan. Langkah tersebut diambil setelah Task Force Committee AFF secara virtual beberapa kali menggelar pertemuan. 

Meski begitu, pihak AFF tidak langsung memutuskan kapan tanggal pengganti turnamen dua tahunan ini. Mereka secepatnya akan memberitahukan lebih lanjut tentang ini. 

Dilansir dari https://www.bolanusantara.com/, Khiev Sameth selaku Presiden AFF dalam pernyataan resminya, berujar “Sejak munculnya Covid-19, AFF terus memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementrian Kesehatan, Lembaga Pemerintah, FIFA dan AFC.”

“Pandemi ini menimbulkan tantangan dari segi kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar pada kita semua. Dengan risiko penyebaran Covid-19 tetap tinggi, AFF berada dalam situasi tidak dapat melanjutkan Piala AFF 2020 dengan rasa aman.” Imbuh Khiev Sameth. 

Sebelumnya Yunus Nusi selaku Plt Sekjen PSSI menginformasikan tentang penundaan Piala AFF 2020. Yunus didalam pernyataannya menyatakan bahwa AFF belum menentukan jadwal pengganti turnamen yang seharunya berlangsung mulai dari tanggal 23 November hingga 32 Desember 2020. 

Memang perwakilan AFF sempat mengajukan tawaran tentang opsi penggantian jadwal turnamen mulai Februari atau Maret 2021. Tetapi PSSI langsung menolak usulan tersebut. 

Yunus Nusi berujar, “PSSI menolak karena sudah dekat jadwal puasa. Yang kedua Indonesia sedang fokus persiapan Piala Dunia.” 

Ditundanya kompetisi sepak bola antar negara wilayah Asia Tenggara atau Piala AFF 2020 tersebut dinilai memberi keuntungan bagi timnas Indonesia. Hal tersebut diungkap langsung oleh Nadeo Argawinata sang penjaga gawang timnas Indonesia. Pasalnya penundaan tersebut membuat semakin ada banyak waktu untuk skuad Garuda melakukan persiapan. 

Nadeo Argawinata berkata, “Saya rasa ini menjadi keuntungan, bisa dibilang begitu soalnya persiapan kami menjadi lebih lama.’’

Tambah Nadeo, “Tetapi keuntungan ini bukan untuk timnas Indonesia saja. Semua negara Asia Tenggara pasti berpikir seperti itu, mungkin ya.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *