Agar Tidak Tertipu, Inilah Beberapa Tips Beli Mobil Bekas Yang Harus Anda Ketahui

Otomotif

Bagi orang yang belum mampu membeli mobil baru, tentu saja beli mobil bekas merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, ketimbang kredit, yang seperti kita ketahui dimana cicilan per bulannya itu cukup tinggi. Akan tetapi, kita dituntut untuk lebih teliti lagi ketika hendak membeli mobil bekas. Sebab, yang namanya mobil bekas tentu kondisinya tidak semulus mobil baru. Tanpa banyak panjang lebar lagi, inilah beberapa tips mobil bekas yang harus anda ketahui.

  1. Membeli Langsung Pada Pihak Pertama

Tips pertama yang harus anda ketahui dalam membeli mobil bekas, yakni membeli langsung pada pihak pertama. Mengapa demikian? Pasalnya, jika anda membeli langsung pada pihak pertama maka harganya akan jauh lebih murah, ketimbang anda membeli mobil bekas tersebut ke dealer maupun showroom. Tak hanya itu, membeli mobil bekas lewat perantara juga bisa membuat harganya melambung tinggi lho! Maka dari itu, anda pun harus membeli mobil bekasnya langsung ke pihak pertama. Dengan demikian, biayanya akan lebih murah serta lebih mengerti mengenai kondisi perawatan mobilnya secara keseluruhan. Terlebih harga terios baru berada di kisar 200jutaan, sehingga jika Anda membeli bekas berada di kisaran 100-150jutaan.

  1. Perhatikan Eksterior Mobil

Jika anda sudah menemukan penjual pihak pertama, maka tips kedua yang harus dilakukan adalah dengan memperhatikan bagian eksterior mobilnya. Dalam hal ini, cobalah anda periksa bagian bodinya, apakah terdapat goresan atau penyok? Selain itu, perhatikan pula bagian lampunya dan pastikan tidak pecah serta masih berfungsi dengan baik, serta perhatikan tingkat kecerahan pada lampu tersebut. Jika sudah demikian, silahkan perhatikan kondisi bannya dan pastikan bahwa kondisinya masih layak pakai. Satu hal lagi yang tak kalah pentingnya, yakni jangan lupa untuk mengecek bagian kaki-kakinya.

  1. Cek Performa Mobil

Inilah hal yang paling penting dan paling wajib dalam proses pengecekan mobil bekas. Dalam hal ini, coba nyalakan mesin mobil tersebut, dan dengarkan suara mesinnya saat menyala. Pada umumnya, kondisi mesin yang masih bagus itu akan mengeluarkan suara lembut dan tidak kasar. Selain itu, tanda lain mobil bekas yang bagus juga yakni dapat di starter dengan mudah. Setelah puas mengecek mesinnya, saatnya anda melakukan tes drive.

Silahkan masukan gigi, dan pastikan bahwa pengoperan giginya berjalan dengan mulus. Rasakanlah dengan seksama kondisi mobil ketika melaju. Jika terasa berat serta cenderung berbelok ke arah kiri dan kanan, maka bisa dipastikan bahwa telah terjadi masalah pada bagian kaki-kakinya. Untuk lebih meyakinkan lagi mengenai kondisi kaki-kakinya, bawalah mobil tersebut pada jalanan yang tidak rata. Apabila terdengar suara yang mencurigakan seperti “gretek-gretek”, maka urungkan niat anda dan jangan membeli mobil tersebut.

  1. Perhatikan Bagian Interior

Tips penting berikutnya yang harus anda ketahui dalam membeli mobil bekas, yakni memperhatikan bagian interior. Anda bisa melakukan pengecekannya mulai dari bagian dashboard, karpet, setel AC, hingga ke kualitas jok beserta langit-langitnya. Coba duduki joknya lalu tarik ke belakang, dan perhatikan pula kualitas dari pelapisnya. Selain itu, cek pula bagian kaca dengan cara menaik-turunkan kaca mobil tersebut. Setelah itu perhatikan bagian lampu-lampu lampu sein, hazard, lampu rem, dan lampu depan. Tak hanya itu, perhatikan juga fasilitas lainnya seperti radio dan pastikan masih berfungsi dengan baik.

Demikianlah ulasan singkat mengenai beberapa tips dalam membeli mobil bekas, dan selamat mencobanya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *