Khawatir Gigi Bayi Tidak Tumbuh, Ini 5 Penyebabnya

Bayi sudah bisa diberikan makanan pendamping ASI ketika telah berusia di atas 6 bulan untuk membantu kebutuhan nutrisi tubuhnya. Anda dapat memberikan makanan pendamping ASI dengan tekstur yang lebih keras jika gigi bayi sudah tumbuh. Berikut ini penyebab dari bayi yang giginya tidak tumbuh di usia yang seharusnya.

  • Kekurangan Nutrisi

Bayi dengan nutrisi yang buruk atau pun kekurangan akan memiliki pertumbuhan gigi yang lambat. Kekurangan nutrisi yang dimaksud adalah vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, zat besi, kalsium, seng, fosfor dan mangan. Anda bisa memenuhi kebutuhan ini dengan memberikan ASI yang berkualitas dan juga makanan pendamping ASI yang bergizi.

  • Terkena Hipotiroidisme

Bayi yang terkena hipotiroidisme akan membuat kelenjar tiroid tidak berfungsi dengan baik sehingga mengakibatkan lambatnya pertumbuhan gigi. Gejala ini dapat terlihat dengan tubuh bayi yang terlihat lemah, sangat rewel, dan terkena infeksi. Bayi Anda yang terkena penyakit ini pun akan membuatnya lambat berjalan, bicara, dan memiliki kelebihan berat badan.

  • Bayi Lahir Berat Badan Rendah

Penyebab gigi lambat tumbuh disebabkan bayi yang lahir dengan berat badan rendah. Kondisi ini terjadi sejak bayi di dalam kandungan yaitu Anda yang terkena gangguan kehamilan atau pun kehamilan yang tidak sehat. Bayi dengan berat badan rendah akan memiliki masalah erupsi gigi dan cacat email gigi.

Anda dapat menghindari terjadinya hal ini dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang cukup selama hamil. Anda harus rutin melakukan pemeriksaan di setiap trimester kehamilan untuk terus memantau perkembangan bayi di dalam kandungan.

  • Kelainan Genetik

Bayi yang mengalami kelainan genetik akan berisiko tumbuhnya gigi dengan lambat. Kelainan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi adalah sindrom, trisomy, dan berbagai penyakit yang menyerang rahang dan mulut bayi. Jika pun bayi memiliki gigi tetapi tetap berisiko mengalami cacat struktur rahang sehingga Anda perlu melakukan konsultasi yang berlanjut.

  • Kelainan Penyerapan Vitamin D

Gigi pada bayi akan mengalami pertumbuhan yang lambat karena mengalami kelainan penyerapan vitamin D. Selain vitamin D mempengaruhi pertumbuhan gigi juga mempengaruhi kesehatan tulang sehingga bayi yang mengalami masalah ini berisiko memiliki tulang yang rapuh.

Jika bayi kekurangan vitamin D maka Anda bisa memberikannya susu untuk memenuhi kebutuhan tubuh.  Namun yang terjadi adalah masalah dalam penyerapan vitamin D sehingga untuk mengatasinya Anda harus melakukan pemeriksaan ke dokter yang ahli di bidangnya.

Anda harus memperhatikan tumbuh kembang bayi dengan sangat cermat sesuai dengan pertumbuhan normal bayi pada umumnya. Anda dapat memberikan susu formula dan makanan pendamping ASI memenuhi nutrisi yang dibutuhkannya. Anda dapat membelinya di toko online perlengkapan bayi yang juga menyediakan popok bayi dengan kualitas terjamin dan terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *