6 Manfaat Olahraga Bela Diri Bagi Anak

Dummy

Sebagai orang tua, tentu kita tak ingin anak terluka karena orang lain. Berbagai berita kekerasan pada anak sekarang marak di masyarakat yang meresahkan kita. Apalagi kita menyadari bahwa kita tak selalu bisa melindungi anak dari ancaman bahaya tersebut. Dari sinilah muncul tekad untuk menjadika anak kita kuat dan tangguh.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesempatan bagi anak belajar ilmu bela diri. Ternyata, ilmu bela diri ini tak hanya bisa melindungi anak kita secara fisik saja. Karena masih ada manfaat lain yang akan dirasakan oleh anak. Penasaran? Berikut 6 manfaat olahraga bela diri bagi anak.

  • Kesehatan yang Prima

Manfaat pertama adalah anak akan mendapatkan kesehatan yang prima. Latihan rutin dengan penempaan aktifitas fisik ini tentu akan membawa perubahan positif bagi diri anak yaitu kesehatan. Karena olahraga bela diri yang dilakukan secara teratur  dapat meningkatkan stamina, kekebalan tubuh, dan juga kemampuan motoriknya.

  • Memupuk Disiplin Diri

Disiplin merupakan kunci untuk menaklukan ilmu bela diri. Dengan belajar ilmu bela diri anak akan terbiasa untuk mengikuti aturan dan memgang teguh prinsip ajaran ilmu bela diri yang mengajarkan kebaikan, kebajikan, serta bertarung untuk membuktikan siapa yang terkuat dan terhebat.

  • Membangun Kewaspadaan

Kejahatan dan kekerasan kerap terjadi karena anak terlambat menyadarinya. Nah dengan mempelajari bela diri anak akan dilatih berfikir cepat, taktis, dan waspada. Jadi ketika dihadapkan dengan situasi sulit dan mengancam anak akan lebih tenang untuk mencari jalan keluar.

  • Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Memusatkan perhatian dan pikiran tentu menjadi poin penting ketika beajar ilmu bela diri. Manfaat ini juga berimbas pada kemampuan anak untuk berkonsentrasi pada aspek lain seperti akademik dan social. Selain itu bela diri juga dapat dijadikan terapi bagi anak yang hiperaktif dan sulit memusatkan focus.

  • Membentuk Mental Baja

Dalam bela diri, anak tentu belajar memasukkan sekaligus menerima serangan. Mereka menyadari bahwa adakalanya untuk mengalahkan lawan, kita jatuh dan bangkit kembali. Nah pengalaman ini nantinya akan membentuk perspektif positif pada anak untuk pntang menyerah dan terus semangat.

  • Menemukan Kepercayaan Diri dan Keyakinan

Terakhir adalah menemukan kepercayaan diri dan keyakinan. Seorang yang lemah akan menjadi kuat saat ia yakin akan kekuatannya. Petuah inilah yang kerap ditanamkan dalam belajar ilmu bela diri. Dengan begitu anak akan terhindar dari arus pergaulan yang negative karena ia selalu bulat untuk berkata “tidak” untuk hal yang tidak sejalan dengan hati nuraninya.

Demikianlah pembahasan kita mengenai 6 manfaat olahraga bela diri bagi anak. Begitu banyak manfaat yang akan anak dapatkan untuk menunjang pertumbuhannya bukan?. Maka jangan kawatir bila anak ikut kegiatan beladiri. Soal keamanan, pasti pelatihnya sudah memberi jaminan bahwa olahraga ini aman.

Anda sebagai orang tua cukup menyiapkan hal-hal yang mereka butuhkan setelah berolahraga. Misalnya siapkan peralatan mandi yang tepat buat mereka. Salah satunya shampoo anak dan body wash DOREMI THOMAS & FRIENDS. Kedua bahan ini mengandung bahan yang disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bahkan kemasannya yang unik seperti DOREMI THOMAS & FRIENDS akan membuat anak-anak menyukainya. Aromanya juga terbuat dari buah-buahan segar, yang semakin membuat anak jatuh hati. Samponya mengandung aleovera yang bagus untuk kesehatan rambut anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *